SELAMAT BERKUNJUNG DI BLOGNYA BANGUTIV

Selasa, 28 Juni 2011

teknik dak-rumah-bertingkat-dengan-pelat-lantai-keraton

REVOLUSI BARU MEMBUAT RUMAH BERTINGKAT
Ternyata banyak cara membuat dak lantai pada rumah bertingkat selain menggunakan cara cor konvensional yang cenderung boros kayu untuk bekesting, menghabiskan lebih banyak besi dan kawat bendrat, memerlukan waktu lama dalam pengerjaannya yang pada ujungnya akan meningkatkan biaya pembuatan lantai dak secara keseluruhan.
Penggunaan material keraton atau keramik komposit beton terbukti lebih efisien dengan beberapa keuntungan:
1. Tidak memerlukan begesting atau papan cor.
Bisa menghemat uang untuk beli papan cor, seperti kita ketahui papan cor yang sudah kita gunakan tidak bisa lagi dimanfaatkan sehingga akan terbuang percuma. Pada pemasangan dak lantai keraton papan cor hanya diperlukan pada kolom yang di pinggir saja. Kita juga tidak memerlukan triplek lagi karena adukan otomatis tertampung pada ruang antara satu lonjoran keraton dengan yang lainnya. Sangat efisien dari segi biaya.
2. Tidak memerlukan tiang penyangga, atau memerlukan hanya sedikit penyangga pada bentangan 3-4 meter pada awal pemasangan untuk menahan lendutan awal. Berbeda dengan metode cor konvensional yang memerlukan banyak papan penyangga sehingga ruang di bawahnya akan penuh dengan kayu, akibatnya pengerjaan dinding bawah menjadi tertunda dan kayu bekas penyangga menjadi terbuang percuma.
3. Waktu pengerjaan lebih singkat.
Karena tidak perlu menganyam besi tulangan maka waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan lantai dak juga menjadi lebih singkat. Waktu yang dibutuhkan hanya 1/4 dari waktu yang dibutuhkan untuk membut lantai dak dengan metode konvensional. Kalau metode konvensional perlu 1 bulan maka lantai keraton cukup 1 minggu saja.
3. Hemat tenaga kerja
Waktu pengerjaan yang singkat membawa dampak positif berkurangnya tenaga kerja yang akhirnya menghemat biaya pengerjaan.
4. Tidak memerlukan alat bantu untuk mengangkat lonjoran keraton
Karena materialnya berongga maka lonjoran keraton lebih ringan sehingga tidak perlu alat bantu untuk mengangkatnya, cukup diangkat oleh dua orang pekerja.
5. Material Lebih ringan
Bobot mati lantai keraton berkisar antara 180-225 Kg per meter persegi karena bahannya berongga, bandingkan dengan cor biasa yang beratnya mencapai 300 Kg per meter perseginya.
Kekuatan lantai dak keraton sudah diujicoba di laboratorium dan telah mendapatkan sertifikasi yang sama dengan beton konvensional sehingga pasti aman.
Apabila anda berencana meningkat rumah bisa melirik lantai keraton ini, lebih hemat tenaga dan uang dengan hasil kekuatan lantai yang sama dengan lantai cor konvensional.
Berikut Produk dari PT.Duitemoro DW

MONTE

(KERATON – Keramik Komposit Beton)

Pelat rusuk dengan pengisi tanah liat bakar,
sebagai alternatif pelat lantai yang lebih Ekonomis dan Efisien.
Telah diuji oleh PUSTEKIM – BANDUNG
Patent & Hak Cipta No.202817

Keunggulan MONTE

  • Lebih murah daripada plat beton biasa, dengan kekuatan setara.
  • Lebih ringan dengan bobot mati antara 180 Kg/m² – 225 Kg/m², sehingga mengurangi beban bangunan secara   keseluruhan.
  • Lebih cepat pemasangannya, dan tidak membutuhkan perancah kayu sehingga:
    • Ramah lingkungan dengan penggunaan kayu yang sangat sedikit
    • Pada saat pemasangan tidak menggangu lantai bawahnya, karena tidak memerlukan penyangga perancah seperti pada pembuatan plat lantai beton biasa
  • Tidak memerlukan alat bantu seperti krane, sehingga dapat mengurangi biaya konstruksi.
    Berfungsi sebagai peredam suara dan panas.
  • Sebagai elemen estetika, dapat diperlakukan dengan diekspos sehingga memberikan dampak visual natural pada design interior.
gambar 1:
gambar 2:
Gambar 3:
Unsur Aman dalam Cor Dak Keraton
KEKUATAN Dak Keraton (Keramik Komposit Beton) sudah diuji laboratorium yang mendapat hasil bahwa keraton akan melendut pada beban diatas 500 kg/m2. Hasil ini sesuai dengan loading Test-II No LB/BPPU/001-12/IX/9906.09.99

ADANYA Rongga di dalam Komposit keramik beton akan memudahkan kita untuk menangkap “sinyal” bila plat/dak beton itu akan runtuh. Hal ini bisa diibaratkan dengan sepotong bambu yang digunakan sebagai perancah. Bila diinjak dan akn patah maka bambu akan memberikan “sinyal” bahwa ia akan patah, diantaranya dengan mengeluarkan suara “krek”. Berbeda jika bila perancah yang digunakan adalah kayu. “sinyal” ini tidak ada karena kayu tidak mempunyai rongga didalamnya. Bila patah ia langsung patah
BOBOT yang ringan membuat dak Keraton aman sebagai struktur tahan gempa. Bila ada gempa dan terjadi keruntuhan maka keruntuhannya tidak dalam bentuk lempengan besar dan berat

Yang Disebut Tulangan Searah

Dalam perhitungan struktur yang sesuai denagn SK SNI T-15-1991-03 dikenal adanya penulangan plat/dak lantai satu arah dan dua arah. Menurut Istimawan Dipohusodo (dalam bukunya Struktur Beton Bertulang) yang disebut dengan penulangan satu arah adalah penulangan yang dipasang pada arah tegak lurus terhadap dukungan (balok) atau penulangan yang didukung pada dua tepi yang berhadapan sedemikian hingga lenturan timbul hanya dalam satu arah, yaitu pada arah yang tegak lurus terhadap arah dukungan tepi. Karena itu plat/dak lantai tersebut hanya didukung pada kedua sisinya.

Apakah dak Keraton itu?
Dak Keraton (Keramik Komposit Beton) adalah blok-blok keramik yang dirangkai menjadi plat lantai kemudian di composit dengan beton sehingga digunakan sebagai pengganti cor dak biasa/ konvensional.

Dari manakah tehnologi Dak Keraton?
Tehnologi dak Keraton ini pertama kali dari Eropa (Jerman dan Belanda) sekitar seratus tahun yang lalu. Kemudian teknologi material ini dibawa ke Indonesia melalui proyek Bantuan Teknis Pembangunan Industri Bahan Bangunan yang diawasi oleh UNIDO/UNDP (PBB Project INS/740/034)

Terbuat dari apa dak Keraton?Terbuat dari tanah liat pilihan yang kemudian di extrude dan dibakar pada suhu 1000 derajat Celcius sehingga dihasilkan keramik yang mempunyai Kuat Tekan setara Beton K300.

Apakah Dak Keraton telah diuji?
Dak Keraton (Keramik Komposit Beton) ini telah di uji oleh Pusat Penelitian Teknologi Permukiman Badan Litbang Permukiman dan Prasarana Wilayah, Bandung. Peneliti Suwandojo Siddiq, DE Eng. (Peneliti senior di bidang Struktur-Bangunan dan Teknologi gempa)

Berapa Kekuatan daya dukung terhadap Beban Hidup?
Dari Hasil penelitian diatas, pada bentang 4 meter untuk dak Keraton 10cm mendukung sampai 300kg/m2. Jauh diatas kekuatan yang disarankan untuk rumah tinggal hanya 175 kg/m2.

Bagaimana bila terjadi gempa?Karena Dak Keraton lebih ringan dibandingkan dengan dak beton biasa (40%) maka gaya yang terbentuk akibat gempa menjadi lebih kecil, sehingga lebih aman bagi struktur bangunan.

Apakah Keuntungan dari dak Keraton dibandingkan dengan dak beton biasa?
keuntungannya yaitu:

1. Lebih ringan
2. Lebih murah (ekonomis)
3. Lebih cepat
4. Berlaku sebagai isolator

Kenapa dak Keraton lebih ringan?
Karena Dak Keraton memiliki rongga sehingga bobotnya lebih ringan hanya 130 - 150 kg/m2 sedangkan dak beton 288 kg/2 dengan ketebalan 12 cm.

Karena ringan maka struktur dibawahnya bisa dikurangi/ dihemat.

Kenapa dak Keraton lebih murah?

1. Karena Dak Keraton menganut sistem penulangan satu arah, sehingga kebutuhan besi hanya 60% dibandingkan dak beton biasa.
2. Tidak memerlukan bekisting sehingga kebutuhan kayu sangat sedikit.
3. Material beton yang dibutuhkan hanya sebagai perekat dan penutup 2 cm sehingga sangat efisien.
4. Tenaga kerja yang diperlukan sangat sedikit, cukup 5 - 6 orang sedangkan pada cor beton biasa harus lebih dari 10 orang.

Kenapa dak Keraton lebih cepat?
Karena Dak Keraton merupakan blok-blok keramik yang sudah jadi sedangkan beton digunakan hanya sebagai penutup, sehingga tidak perlu menunggu proses pengeringan beton yang lama.

Dak Keraton hanya membutuhkan waktu 7 hari hingga penyangga bisa dilepas, sedangkan dak beton membutuhkan waktu sedikitnya 21 hari sampai bekisting bisa dilepas.

Kenapa dak Keraton berlaku sebagai Isolator?Karena Dak Keraton memiliki rongga sehingga panas atau suara yang diterima tidak langsung dihantarkan, atau dengan kata lain dak Keraton merupakan penghantar panas dan suara yang buruk.

(Teks asli dari PRIMA KONTRUKSINDO Karawaci, Tangerang, Banten)



 

1 komentar:

  1. Mohon infonya bisa dibeli dimana material tersebut ya Pak ?

    Terima kasih.

    Bayu Irawan
    Hp. 085717740467

    BalasHapus